Tentang Diary Project

Diary Project merupakan program online Tobucil & Klabs yang berupa penulisan catatan harian dengan tema tertentu dan terbuka untuk siapa pun yang tertarik. Program ini di latarbelakangi bahwa selama ini pengalaman, pemikiran-pemikiran, gagasan dan ide-ide kreatif individu sering kali muncul namun lewat begitu saja karena tak ada proses pencatatan dan pembacaan lebih jauh. Selain itu, catatan tersebut dianggap tidak penting dan hanya dibaca oleh kalangan terbatas saja. Untuk itu, program ini mengajak sebanyak mungkin orang untuk menggali pandangan personalnya dengan tema tertentu, merekamnya, mengumpulkannya dan menjadi catatan sejarah kecil sosial masyakat.

Diary project pertama kali diselenggarakan tahun 2004 dengan mengambil tema mencatat pengalaman individu selama satu bulan (selama bulan September 2004). Diary Project 01 ini masih berupa pilot project, karena pada saat itu masih mencari bentuk program yang cocok untuk dijalankan. Dari publikasi yang disebarkan lewat milis dan selebaran dengan jumlah terbatas, peserta yang mendaftar untuk terlibat dalam project ini kurang lebih 275 orang partisipan. Dari 275 yang mendaftar, kira-kira 125 orang yang menumpulkan karya berbentuk Diary (baik dalam bentuk hard copy maupun soft copy).

Diary Project 02. kembali diselenggarakan pada bulan Oktober 2005 ini. Namun kali ini, Diary Project 02 menjadi semacam online project dimana partisipan bisa mendaftarkan dirinya langsung secara online dan juga mendisplay langsung tulisannya via online. Project ini menggunakan system blogging yang sekarang ini banyak digunakan untuk online diary. Diary Project 02, mengambil tema “Forgiven Not Forgotten”. Tema ini bertujuan mengangkat persoalan rekonsiliasi ditingkat yang paling kecil yaitu individu. Bagaimana setiap individu mengatasi hal-hal buruk yang terjadi dalam hidupnya dan bagaimana mereka bisa melalui hal-hal buruk tersebut. Untuk itu partisipan diminta menuliskan satu pengalaman terburuk dalam hidupnya dan bagaimana mengatasinya. Lewat project ini, diharapkan tiap partisipan bisa saling menginspirasi satu sama lain untuk menemukan jalan rekonsiliasinya, memaafkan hal-hal buruk yang pernah terjadi dalam kehidupannya untuk menjalani kehidupan selanjutnya dengan lebih baik.

Menemukan model pengelolaan program Diary Project ini secara online, ternyata bukan hal yang mudah juga. Di program Diary Project 02, kami menggunakan webmaster dan menggunakan domain khusus www.diaryproject.info dan itu membuat program ini secara teknis, sangat bergantung pada kehadiran webmaster yang mengelola situs diary project tersebut. Selain itu proses perubahan dan kepindahan tobucil dari jalan Kyai Gede Utama ke Jalan Aceh no. 56, membuat program ini, akhirnya vakum selama lebih dari 3 tahun.

Diary Project o3, diselenggarakan pada tahun 2009 dengan mengambil tema 'Aku dan Tempat Tinggalku'. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails