20.12.09

Memandang Pamulang dari atas sepeda

Oleh: Fahri Azhar
Domisili: Bandung, Jawa Barat

“kamu asalnya dari mana?” kata teman-temanku saat pertama kali aku kuliah di IT TELKOM bandung, dan aku selalu menjawab pertanyaan tersebut dengan “aku dari Jakarta”, jawaban tersebut juga berlaku bagi tiap orang yang bertanya tentang asal diriku. Tapi fakta berbicara bahwa aku bukan dari Jakarta, aku besar dan tinggal di pamulang (tapi aku lahir di Jakarta timur), sebuah kota kecamatan di barat daya Jakarta yang secara administratif dan geografis termasuk dalam kota tangerang selatan.

***

Aku tinggal dan besar di kota ini sejak tahun 1989-sekarang tepatnya di perumahan pamulang permai 1 yang merupakan perumahan milik BTN yang di bangun sekitar tahun 1983 yang terletak di belakang pacuan kuda dan memiliki 1 masjid utama yang bernama masjid Al-Hidayah yang terletak di tengah-tengah kompleks.

Pada saat aku kecil perumahan ini menjadi titik awal dari banyak sekali petualangan-petualangan kecilku dalam menjelajah kota pamulang yang sangat luas dengan menggunakan sepeda.
Aku lupa saat itu aku berumur berapa tapi yang kungingat hari itu adalah saat liburan sekolah, dan pada saat itu aku sangat penasaran dengan jalan yang cukup lebar yang terletak cukup jauh dari rumahku yang membuatku menduga-duga kemanakah jalan tersebut akan membawaku pergi. Maka aku putuskan untuk melewati jalan tersebut dengan segala resiko yang ada. Maka pagi hari setelah kedua orang tuaku berangkat kerja aku mulai berjalan mengayuh sepedaku ke jalan tersebut. Sesampainya disana memang tidak ada yang special dari jalan tersebut hanya seperti jalan kompleks biasa dengan rumah orang ditiap sisinya.

Aku pun mulai memasuki jalan tersebut, jalan tersebut sangat sepi tidak ada orang melintas tapi penuh dengan rumah aku pun terus mengayuh sepedaku mengikuti jalan yang ada hingga aku menemukan tempat yang menarik perhatianku yaitu stables yang terbuat dari beton dengan sekat-sekat pemisah dari beton dengan pintu penjaganya yang terbuat dari bambu dan kayu, stables tersebut sudah tidak berpenghuni lagi tidak ada kuda disana dan pemiliknya entah siapa.

Perjalanan kecilku berlanjut dalam rasa penasaranku yang sedang meledak-ledak yang berpadu dengan semangat karena aku melihat hal-hal baru yang belum pernah kulihat di kompleks perumahanku seperti jalan-jalan yang masih terbuat dari tanah dengan rumput-rumput liar yang menutupi akar-akar pohon pisang dan pohon-pohon lainnya dan juga ada rumah-rumah dan warung-warung kecil yang dihuni oleh warga-warga disana yang tentunya tidak ku kenali yang kesemuanya biasa disebut dengan istilah kampung.

Jauh sudah ku kayuh sepedaku mengikuti satu jalur sesuai dengan feelingku dari banyaknya jalur-jalur lain, dan akhirnya aku temui titik akhirnya yang bermuara di gang kecil di sebuah kompleks perumahan lain yang tidak ku ketahui namanya tapi biasa di sebut dengan kompleks AX. Kompleks perumahan AX ini terbilang cukup elit daripada kompleks perumahanku hal ini bisa dilihat pada rumah-rumah mereka yang sebagian besar berukuran sangat besar dan berlantai 2 apalagi jika di perhatikan sebagian besar warganya memiliki mobil. Dan lokasi kompleks AX ini tepat berada di belakang pusat perekonomian kota pamulang yang biasa disebut dengan “depan pamulang”.

Di kompleks ini aku mengitarinya sejenak hanya untuk say “Hello” ke teman-temanku yang tinggal disini setelah beberapa lama berkeliling aku menuju ke taman kecil yang terletak agak keluar dari kompleks ini, tamannya kecil ada jalan untuk sepeda yang membentang membelah taman dan ada lapangan yang kecil yang biasa di gunakan untuk bermain. Dan bagian yang paling aku suka dari taman ini adalah bagian belakangnya, disana terdapat tumpukan tanah yang membentuk sebuah bukit kecil dengan jalur sepeda kecil di tengah-tengahnya, jadi saat aku melewati taman ini aku selalu melewati bukit kecil tersebut karena aku sangat menyukai saat-saat meluncur menuruni bukit tersebut.
Setelah beberapa lama berkeliling di kompleks AX aku melanjutkan perjalananku,  kali ini aku menuju depan kompleks ini yaitu daerah “depan pamulang”, sebuah daerah yang sangat strategis karena di kelilingi oleh banyak sekali perumahan-perumahan besar dan juga merupakan rally point bagi orang-orang yang berdomisili di muncul, serpong dan kelurahan-kelurahan yang melingkupi kecamatan pamulang ini sehingga disini terdapat ruko-ruko kecil dan besar yang menjual berbagai macam produk. Dan aku sangat menyukai tempat ini karena disini terdapat banyak sekali penjual makanan, dari makanan berat hingga makanan ringan.

Di sini aku memulai perjalanku tepat di belakang supermarket dwima yang merupakan salah satu dari dua supermartket besar yang ada kota pamulang dan di dwima , lalu aku menelusuri belakangnya hingga melewatinya dan terus hingga akhirnya aku berhenti di belakang sebuah bangunan tinggi besar dan terdapat pintu kecil yang bertuliskan exit, kemudian berputar menelusuri gedung ini untuk menuju bagian depan gedung ini. Di depan gedung ini aku kembali berhenti sejenak memperhatikan 6 layar besar dengan desain yang unik dan diatasnya ada tulisan “21”, ya itu adalah bioskop 21, bioskop yang paling mewah yang pernah ada di Jakarta dan paling mewah disini bukan bioskop-bioskop lain yang memiliki nama-nama yang unik dan menayangkan film-film yang jika aku membaca judulnya aku akan tertawa terpingkal-pingkal. Bioskop tersebeut adalah bioskop kebanggaan kami sebagai orang pamulang karena di kota-kota yang kira-kira sama seperti kota kami belum tentu memiliki bioskop 21 yang resmi, dan ini menandakan pertumbuhan ekonomi kotaku ini tumbuh tinggi perlahan-lahan.
Setelah itu aku memutuskan untuk pulang kerumah dan aku memilih untuk melewati jalan yang sama yaitu aku meluncur melewati bukit kecil di taman dan melewati kampung kecil, pacuan kuda yang tidak terpakai dan akhirnya berujung di kompleks perumahanku dan berakhir di rumahku

******

Sekarang pertumbuhan ekonomi di pamulang sangat tinggi yang memberikan impact yang linier terhadap populasi, kriminalitas, gaya hidup, dan impact lainnya baik dari segi sosial, budaya, ekonomi ataupun teknologi. Dan yang paling menyedihkan adalah bioskop yang menjadi kebanggaan kami sudah tidak berdiri tegap disini lagi dan entah kemana ia pergi sehingga saat aku pulang dari Bandung ke pamulang tidak ada lagi bioskop terdekat untukku. Tapi aku bersyukur bahwa aku pernah besar di kota ini dan berpetualang dengan sepedaku.

6 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  2. Mohon ijin berpromosi. service Ac segala jenis merk. kami service Ac mencakup wilayah coverage seluruh Surabaya, Gresik, Sidoarjo. kami juga menerima jasa service perbaikan AC bongkar dan pasang AC. pekerjaan kami cepat, tepat, profesional, harga kompetitif di banding harga jasa luaran.
    service ac taman sidoarjo
    service ac split sidoarjo
    tukang service ac sidoarjo
    service ac mobil di sidoarjo
    service ac di waru sidoarjo
    jasa service ac sidoarjo
    service ac panggilan di sidoarjo
    service ac panasonic sidoarjo
    service ac surabaya sidoarjo
    service ac sepanjang sidoarjo
    service ac sedati sidoarjo
    service ac panggilan sidoarjo
    mencari service ac sidoarjo


    Segera hubungi kami, dan kami akan datang kerumah Anda 24 Jam Non Stop.
    (Hari Sabtu / Minggu / Hari Libur buka)
    PIN BBM : 54BE0B4B / 085645475574

    BalasHapus
  3. Mohon ijin berpromosi. service Ac segala jenis merk. kami service Ac mencakup wilayah coverage seluruh Surabaya, Gresik, Sidoarjo. kami juga menerima jasa service perbaikan AC bongkar dan pasang AC. pekerjaan kami cepat, tepat, profesional, harga kompetitif di banding harga jasa luaran.
    service ac taman sidoarjo
    service ac split sidoarjo
    tukang service ac sidoarjo
    service ac mobil di sidoarjo
    service ac di waru sidoarjo
    jasa service ac sidoarjo
    service ac panggilan di sidoarjo
    service ac panasonic sidoarjo
    service ac surabaya sidoarjo
    service ac sepanjang sidoarjo
    service ac sedati sidoarjo
    service ac panggilan sidoarjo
    mencari service ac sidoarjo


    Segera hubungi kami, dan kami akan datang kerumah Anda 24 Jam Non Stop.
    (Hari Sabtu / Minggu / Hari Libur buka)
    PIN BBM : 54BE0B4B / 085645475574

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails