23.6.09

Misteri Pembagian Stiker Walikilia: Siapa?

Penulis: Mira Asriningtya
Domisili: Yogyakarta
Blog: http://dreamiy.multiply.com http://thepicnicgirl.blogspot.com http://cupshop.multiply.com


Dua tahun yang lalu, adik sepupuku menemukan salah satu stiker* Walikilia di kamar kos sampingnya. Anehnya,
pemilik kamar kos itu berada di luar lingkaran pertemananku dan sayangnya dia sudah tidak lagi menempati kamar itu. Tentang bagaimana dia mendapatkan stiker itu tetaplah misteri. Mungkin dia mendapatkannya dari Putro, sahabatku yang sering tepe-tepe dengan anak SMA- begitulah kami selalu berasumsi.

Lalu hari ini, teman adikku mengatakan bahwa dia baru saja dapat stiker Walikilia. Dia terheran-heran ketika tahu bahwa Walikilia adalah perpustakaan kami yang tiga tahun lalu dibuka untuk publik dan sekarang kembali menjadi milik kami pribadi. Adikku terheran-heran karena temannya itu bilang bahwa seseorang memberikan stiker itu beberapa hari lalu kepada ibunya yang sedang berbelanja di Mekar- sebuah minimarket di jalan Kaliurang.

Lalu pertanyaannya, siapakah yang membagikan stiker-stiker itu sementara Walikilia tidak lagi beroperasi untuk umum sejak beberapa tahun lalu? Siapakah yang masih memiliki tumpukan stiker itu sementara aku sendiri tinggal punya beberapa tumpuk sisa stiker saja saat ini?

Nah, siapapun dia, aku berterimakasih karena dia telah membantu publikasi perpustakaanku. Semoga suatu saat nanti bila Walikilia bisa berubah menjadi Lir- toko buku mimpiku, dia tetap mau membagi-bagikan stiker itu. Thank you..

*****

WALIKILIA-RUANG BACA KECIL adalah perpustakaan pribadi yang mulai dibuka untuk umum sejak bulan Januari 2005 dengan tujuan untuk memasyarakatkan budaya membaca bagi warga Kaliurang dan sekitarnya. Diharapkan ruang baca ini menjadi ruang baca yang dialogis dan dapat memancing minat baca anak-anak setempat sehingga buku menjadi salah satu kebutuhan mereka. Kami melayani pembacaan buku (Story Reading) bagi anak-anak yang belum bisa membaca dan pelajaran membaca bagi anak-anak pra-sekolah.

WALIKILIA-RUANG BACA KECIL menyediakan lebih dari 2000 koleksi musik, video, dan buku berbagai jenis dengan jenjang usia bervariasi mulai dari anak-anak, remaja, dan dewasa dengan berbagai kategori buku meliputi Bahasa/Ketrampilan Berbahasa dan Menulis, Roman/Novel, Karya Sastra Klasik, Kumpulan Cerpen, Naskah Drama, Kumpulan Puisi, Kumpulan Essai, Buku-Buku sosial, Buku Lokal dan Asing, Buku cerita Anak-anak, Jurnal, Kamus, Psikologi/Self-Help, Majalah, Tabloid, Komik, dan lain-lain.

Kami menyadari betapa buku telah membawa pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan. Dengan buku, seseorang dapat memiliki pemikiran yang luas terhadap banyak hal dan berbudaya. Bagi anak-anak, buku adalah alternative termudah untuk belajar mengenai moral, dan pengetahuan-pengetahuan umum. Tradisi kebudayaan macam apakah yang ingin kita bangun untuk masa depan? Kita mempunyai banyak pilihan. Kita yang menentukan. Karena itu kami ingin membangun suatu masyarakat dengan budaya dan memiliki minat baca tinggi.

“Tradisi kebudayaan macam apakah yang ingin kita bangun untuk masa depan? Kita mempunyai banyak pilihan. Kita yang menentukan.”

Seno Gumira Ajidarma, Teater dalam Gang, Affair, 2004.

*****
*sticker design by my high school friend, Gedhek. (Apa kabar?)

Tulisan ini pernah diterbitkan di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails