22.4.09

The NYC you don't know about (5) : Confidently (un)fashionable

Tulisan oleh: Dydy Dyah
Domisili: Bronx, NY, USA

http://dydy.multiply.com/


Salah satu yang menurut saya sangat menarik dari New York(ers) adalah gaya berpakaian orang-orangnya. Oke lah, bukan cuma gaya berpakaiannya aja, tapi lebih tepatnya ke-pede-an berpakaian.

Di sini sangat mudah menemukan orang-orang yang cara berpakaiannya nggak biasa-biasa aja, dan terlihat sangat nyaman memakainya. Dalam artian, dia nggak peduli pendapat orang lain tentang gaya berpakaiannya itu. Ke-tidakbiasa-annya itu bisa modis, fashionable, tapi bisa juga kebalikannya. Saya pernah sampe susah nahan senyum satu waktu di subway, di depan saya ada cowok tinggi gede sangar, tapi pake kaos, topi dan tas serut kuning bergambar ....SpongeBob! Lucu! Hmmm...mungkin semacam statement yah...bahwa yang tinggi gede sangar juga boleh dengan pedenya berkostum SpongeBob.

Ada beberapa gaya berpakaian yang khas dari golongan tertentu. Cowok-cowok bergaya hip-hop (biasanya African-American dan Hispanics), kostumnya begini : kaos gombrang, celana jeans super gombrang dan melorot (betul-betul melorot, sakunya ada di lutut! Apa nggak susah jalan ya?), ikat kepala atau topi baseball yang dipakai miring, plus bling-bling kalung-kalung rantai panjang. Cewek-cewek Hispanics, banyak yang ngikutin gayanya JLo. Beberapa taun yang lalu waktu JLo sering tampil dengan velour sweatsuit, semua ngikutin. Di mana-mana bajunya pada sama. Warnanya kalo nggak pink, coklat. :D

Tapi kepedean orang sini berpakaian memang beneran deh. Sepertinya nggak takut pake model apapun, warna apapun. Bahkan yang sepertinya nggak cocok sekalipun. Yang bikin perutnya menggelambir kemana-mana, yang bikin kalo duduk celana dalemnya keliatan, yang celananya saking ketatnya sampai susah nekuk kaki di subway, dll dsb.

Tapi kalo yang memang modis dan pinter mix and match, biarpun tumpuk-tumpuk model dan motif, kok keliatannya tetep bagus gitu ya. Pokonya salah satu pengusir bosan saya di subway, ya merhatiin cara berpakaian orang-orang. Menarik!

Tulisan ini di posting ulang dari sini atas seizin penulisnya.

2 komentar:

  1. Ya...dan kalau boleh saya tambahkan..ada bar yang sudah ditutup namanya CBGB, dia khusus untuk pemusik2 underground rock, yang saya yakin juga melahirkan kostum2 ngerock. Sampai ada istilah NYHC (new york hard core) bands.

    Anda yang menulis ini tinggal di Bronx ya? Environmentnya lebih wild Bronx atau Brooklyn?

    BalasHapus
  2. sori baru liat komentarnya...

    yep, saya tinggal di Bronx. Lingkungan yang wild, ya tergantung daerahnya juga...Bronx dan Brooklyn sama-sama multikarakter, begitu juga Manhattan dan Queens...

    daerah saya tinggal sih adem ayem, deket hutan..

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails