8.4.09

The NYC you don't know about (3) : 'New York', Broadway dan Fifth Avenue

Tulisan oleh: Dydy Dyah
Domisili: Bronx, NY, USA

http://dydy.multiply.com/


Biasanya kalo denger kata "New York", asosiasinya langsung deh New York = New York City = Manhattan. Sampai-sampai ada seorang temen yang baru aja sampai di sini hampir aja milih tempat tes TOEFL di salah satu kota di New York state yang deket perbatasan Canada, bukannya deket-deket sini gitu lho. Kenapa gitu? Soalnya dia pikir yang namanya New York itu ya New York City ini lah. Jadi begitu ada tulisan New York langsung aja dipilih.

Nggak salah sih sebetulnya, cuma kurang bener. Jadi buat yang belum tau, New York itu nama state, nickname-nya Empire State. Kalo New York yang maksudnya kota New York, yang ada Empire State Buildingnya itu, adalah New York City, atau katanya sih nama formalnya adalah The City of New York (...who cares layaw nyebut panjang-panjang :D). NYC ini terbagi jadi 5 boroughs (mungkin kira-kira wilayah kota gitu deh...) yaitu The Bronx (betul...pake 'the'), Brooklyn, Manhattan, Queens, dan Staten Island. Nanti masing-masing borough dibagi lagi jadi neighborhoods.

PhotobucketJadi kalo dibilang New York = Manhattan, nggak bener, tapi juga nggak salah. Soalnya untuk formal address, kalau ditulis "New York, NY" memang = Manhattan. Soalnya saya biarpun tinggalnya di NYC, tapi formal addressnya tertulis Bronx, NY. Begitulah. Kurang gaya, memang :D. Manhattan memang paling tenar, paling gaya. Padahal cuma pulau kecil. Eh, Bali juga cuma pulau kecil, tapi paling tenar juga dink.

Kalo mau tau neighborhoods-nya Manhattan, nih ada petanya juga. Nah, jadi tau kan sekarang, Harlem tuh belah situnya Central Park. Yang namanya Upper East Side dan Upper West Side itu kanan kirinya Central Park. Inwood tempat saya tinggal dulu itu di ujung utara pulau Manhattan. Dan hotelnya Robert DeNiro nanti di Greenwich Village situ kali ya mbak Wanda? :P

Kalo saya paling sering jalan-jalan di daerah Midtown.

Masih tentang Manhattan, sekarang ngobrolin Broadway dan Fifth Avenue. Kenapa dua jalan itu? Karena lagi-lagi itu dua jalan di New York yang paling tenar.

Apa yang melintas di pikiran kalo disebut Broadway, New York? Pasti panggung teater musikal. Padahal itu cuma sepersekian dari Broadway yang sebenarnya. Soalnya Broadway itu panjangnya...ampuuuun...panjang pisan! Berawal dari Battery Park di southern tip, teruuuuuuuuuuuuuuuuus ke utara, nyebrang ke Bronx, sampai ke batas kota NYC dengan Yonkers di Westchester county, yang kemudian ganti nama jalan jadi...South Broadway (halah...nggak kreatif pisan). Nomor alamatnya mulai dari 1 sampai 5000-an kalo ga salah. Broadway yang deket rumah saya nomernya memang 5000an. Jadi saya paling males kalo liat alamat di "Broadway" tanpa keterangan "between 34th and 35th street" misalnya. Soalnya pusing mengira-ngira posisinya ada di mana.

Udah gitu di Queens juga ada Broadway lho. Memanjang dari Astoria sampai ke Elmhurst.

Terus Fifth Avenue. Apa yang mau diomongin ya? Oya, yang bingung dengan alamat Manhattan yang ada East dan Westnya, patokannya adalah Fifth Avenue. Sebelah timurnya FA, itu East Side. Baratnya, ya West Side lah.
Fifth Avenue, bagian shopping-shoppingnya sekitar 40th-59th street. Selain itu sih bukan tempat shopping yang signifikan. Kalo saya jelas ga pernah shopping di Fifth Avenue, eh pernah dink beli buku di Barnes & Noble, beli laptop di BestBuy, dan beli minum di Walgreens . Hahaha...

Kalo mau cuci mata window shopping toko-tokonya designer sebangsa Yves St Laurent, Prada, Versace, D&G dan lain-lain yang enggak kebeli tea, itu mah di Madison Avenue, satu blok ke arah timur dari Fifth Avenue.

cukup dulu...
Tulisan ini di posting ulang dari Seri Tulisan The NYC You Don't Know About, 21 Maret 2008


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails