8.4.09

The NYC you don't know about (2) : Transportasi, Becak dan Kakilima

Tulisan oleh: Dydy Dyah
Domisili: Bronx, NY, USA
http://dydy.multiply.com/

Kemaren habis ngomongin subway, dilanjutin aja dengan ngomongin transportasi yah. Enaknya di kota besar itu ya, transportasi mudah, meskipun enggak murah tapi selalu meriah (banyak pengamen...hahaha...nggak dink).
Transportasi umum di NYC yang dikelola oleh MTA adalah subway dan bis. Cara pembayaran tiketnya, kalo subway jelas harus punya MetroCard untuk digesek di pintu masuk stasiun. Bisa beli di stasiun lewat mesin atau sama penjaganya, bisa juga beli di warung (halah..warung) vendor-vendor yang menyediakannya (biasanya punya stiker di depan kios/tokonya "We Sell MetroCard"). Sekali naek jauh dekat $2. Selama ga keluar stasiun, gonta-ganti line subway nggak perlu bayar ulang. Jadi dari Bronx mau ke Elmhurst atau Far Rockaway juga bayarnya tetep cuma $2. Transfer dari subway ke bis atau bis ke subway gratis selama masih dalam selang waktu 2 jam.

Kalo naik bis, selain pake MetroCard, bisa juga pake koin receh. Maaph, ga terima uang kertas (kenapa ya...heran deh). Yang enak kalo mesin pengecek tiket di bisnya lagi rusak, naik bis ga usah bayar...hehehe.. Bisnya MTA ini bener-bener merambah ke mana-mana lho. Peta transportasi NYC yang mutlak dipunyai itu peta subway. Kedua, peta bis di borough mana kita punya keperluan : Manhattan, Bronx, Brooklyn, Queens, atau Staten Island.
Oya, bisnya ada bis biasa ada juga yang ekspres, bayarnya berapa ya yang ekspres, blom pernah naek. Kalo ga salah $4. Oh iya, buat environmentalist, bisa pilih bis electric-hybrid.

PhotobucketTuh kan, nggak tau kan kalo di Manhattan banyak becak? Di sini namanya pedicab atau rickshaw, pengemudinya di depan. Tapi becaknya nggak sembarang becak sih, apalagi tukang becaknya. Becak-becak keren, tukang becaknya juga banyak yang keren. Garing dan renyah, krauk krauk! Muda-muda, rata-rata laki-laki tapi ada juga yang perempuan. Becaknya Manhattan bukan buat "Mang, ka terminal! 5000 nya?". Bukan. Becak sini khusus buat tour. Tukang becaknya juga merangkap tour guide.

Tempat-tempat di mana becak sering terlihat yaitu sekitar Central Park, Times Square, dan Fifth Avenue. Foto pangkalan becak (dan delman) Central Park bisa diliat di album saya yang ini.

Kalo tarif becak saya ga tau, blom pernah nyoba atau tanya-tanya. Kalo delman-nya Central Park maksimal $36 untuk 4 orang kalo ga salah inget.

Sekarang ngomongin kakilima alias street vendors. Dibagi empat kategori deh : kios majalah, jualan makanan, jualan produk selain makanan, dan jualan jasa. Kios majalah mah udah jelas kan yah, ga usah dibahas. Penjual makanan yang banyak ditemui di Manhattan adalah penjual hotdog, pretzel, kacang goreng, kebab-gyro-falafel. Terus juga mobil eskrim, mobil bakery (biasanya pagi-pagi, orang cari breakfast). Kalo summer suka ada jualan buah potong dan es serut dengan sirop warna-warni ---> yang jual biasanya orang Latino.

Jualan produk selain makanan, yah macem-macem. Yang sering keliatan, jualan pashmina $5, 'designer bags' (masa produk desainer dijualnya di kakilima coba...boong banget kan?), kacamata, parfum, handmade jewelry, aksesoris, dll.
Jualan jasa, biasanya menjual jasa melukis potret atau karikatur. Banyak banget di sekitar Central Park, bagus-bagus lagi. Ada yang item putih, ada yang warna. Kalo ga salah bayarnya $15 deh. Ada juga bikin tulisan nama yang dihias-hias/stilasi. Yang ini di sekitar Times Square atau sepanjang 42nd street juga banyak.

hmmm...segitu yang keinget...
besok lagi ngomongin apa ya...

Tulisan ini di posting ulang dari Seri Tulisan The NYC You Don't Know About, 20 Maret 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails